Membuat Graphic dan Objek Bergerak di Unity


Membuat Graphic Menarik Dan Menerapkan Inputan Pada Objek 


           Telah dijelaskan bagaimana cara mendapatkan aplikasi unity, cara installasi, dan membuat scene sederhana. Kali ini akan dijelaskan cara membuat scene dengan tampilan menarik beserta object yang nantinya object tersebut akan bergerak sesuai inputan yang telah diatur menggunakan script c#. Project ini  akan membedakan pergerakan antara object pesawat1 dengan pesawat2. Berikut penjelasannya :

  1.  Buka dahulu aplikasi unity yang telah diinstall.
  2. Setelah itu akan  muncul tampilan untuk membuat project baru.
  3.  Setelah itu masukkan asset yang akan digunakan dengan cara klik kanan + Import Package + Custom Package.
  4.  Kemudian akan muncul bagian-bagian asset yang telah diimport, lalu klik import.
  5. Tunggu hingga proses selesai, lalu pada folder assets akan muncul asset yang telah ditambahkan tadi.
  6. Setelah itu buat terrain dengan pilih GameObject -> 3D Object -> Terrain.Maka akan muncul Terrain pada bagian scene
    .
  7. Pada terrain inilah kita membuat bukit dan juga pohon-pohon, namun sebelumnya beri texture pada terrain tersebut. Texture tersebut kita peroleh dari asset yang kita impor tadi diawal pembuatan project, seperti gambar dibawah ini :
  8. Setelah memilih add texture akan muncul tampilan seperti ini, dan pilih texture yang diinginkan, kemudian pilih Add.
  9. Setelah terrain diberi texture akan tampil seperti dibawah ini.

  10. Kemudian brush diterrain tadi sehingga akan tampak seperti ini.
  11. Setelah membuat bukit kita menambahkan pohon dengan add tree.
  12. Pilih pohon yang diinginkan, kemudian klik add. Setelah itu tambahkan tree pada terrain, setelah itu import asset yang telah di download berupa model pesawat terbang sebanyak 2 untuk object1 dan object 2, kemudian di drag ,seperti gambar di bawah ini.

  13. Kemudian jika kita ingin merubah skybox default yang kita gunakan, maka kita harus membuat material terlebih dahulu dan beri nama pada mateial tersebut, setelah itu pada bagian shader kita pilih Skybox -> 6 Sided.,pilih textur dari skaybox yang kita inginkan Kemudian drag material tersebut pada skybox.
  14. Setelah itu kita buat script yang nantinya dapat membuat objek pesawat tersebut bergerak. Untuk membuat script tersebut kita klik kanan pada bagian asset pilih create -> C#script. Setelah itu beri nama script tersebut.

  15.  Klik dua kali pada script tersebut, maka akan muncul aplikasi MonoDevelope untuk kita mengetikkan scriptnya
  16.  KemudiAn buat  script objek pesawat2.
  17. Selanjutnya klik play akan muncul tampilan seperti ini. Setelah di stop maka pada kolom collapse akan muncul keterangan yang telah dibuat pada script c# tadi. Dimana objek pesawat1 bergerak dan bertabrakan dengan objek pesawat2.  





0 komentar:

Posting Komentar